Jika kamu memiliki kritik dan saran, hubungi kami melalui Kontak Kami

Cara Mengubah Keyboard Handphone Seperti Keyboard Komputer


     Hai semuanya, pada kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Mengubah Keyboard Handphone Seperti Komputer. Apakah bisa diubah seperti keyboard komputer ? Tentu saja bisa dong, hanya menggunakan sebuah aplikasi. Lalu apakah kelebihan dan kekurangan jika kita mengubah keyboard handphone menjadi keyboard komputer ? Berikut ini adalah kelebihan nya :

1. Membantu Developer Untuk Menyelesaikan Pekerjaannya
     Umumnya, para developer menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan/project nya. Dengan menggunakan komputer, para developer akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan nya, karena bantuan dari shortcut komputer. Contohnya seperti web developer, sangat membutuhkan shortcut.

2. Membantu Para Blogger dalam Menulis Artikel
     Blogger masih ada kaitannya dengan web developer, karena masih berkaitan dengan kodingan. Jadi dengan adanya shortcut, tentu sangat membantu para blogger agar artikel nya lebih cepat jadi. Contohnya para blogger menggunakan Ctrl + F untuk mencari kodingan.

Sekarang kita akan membahas kekurangan nya. Berikut ini adalah kekurangan nya :

1. Tombol Keyboard Menjadi Lebih Kecil
     Kekurangan yang pertama adalah keyboard menjadi lebih kecil, karena adanya tombol ctrl, shift, alt dan tombol lainnya. Namun kamu juga bisa mengatur nya sesuai keinginan mu. 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan nya diatas, sekarang kita akan lanjutkan Cara Mengubah Keyboard Handphone Seperti Keyboard Komputer. Bagaimana caranya ? Simak caranya dibawah ini. 

1. Download aplikasi Hacker Keyboard di Google Play Store.
2. Buka aplikasi nya dan tampilan awalnya seperti ini

3. Pertama kita klik ENABLE KEYBOARD untuk mengaktifkan keyboardnya.

4. Setelah itu kita aktifkan keyboardnya. Sebelum mengaktifkan keyboard, kita di minta untuk menyetujui untuk perizinan nya. Contohnya seperti dibawah ini


5. Setelah diberikan perizinan, kita aktifkan dengan klik tombol Set Input Method. Kita ganti ke Hacker Keyboard. Contohnya seperti dibawah ini



6. Jika sudah, maka hasilnya seperti dibawah ini

7. Itu baru kita aktifkan keyboard nya, untuk menambahkan tombol ctrl, alt, dan shift harus kita setting terlebih dahulu.
8. Untuk mengatur nya, kita klik tombol SETTINGS.


9. Kita klik pada bagian Keyboard Mode, Portrait.


10. Ubah dari 4-row Gingerbread layout menjadi Full 5-row layout.


11. Jadinya seperti dibawah ini. Namun mih ada yang harus kita setting lagi, yaitu Ctrl + A. Kita akan mengaktifkan Ctrl + A, caranya adalah klik tombol SETTINGS.


12. Kemudian pilih bagian Ctrl-A (select all) override


13. Kita ubah dari Disable Ctrl-A, use Ctrl-Alt-A instead menjadi Use Ctrl-A (no override)


14. Terakhir kita bisa setting keyboard pintasan nya, jadi fungsinya keyboard pintasan ini adalah agar mudah menemukan simbol yang kita cari. Contohnya seperti ini


15. Untuk mengubah nya, kita klik tombol settings dan pilih Suggested Punctuation 


16. Kamu ubah dengan tombol yang ingin kamu tambahkan menjadi pintasan. Contohnya seperti ini


17. Jika sudah, maka hasilnya seperti dibawah ini


Bagaimana ? Mudah kan ? Jika masih ada yang kurang paham, silahkan bertanya di kolom komentar. Semoga tutorial ini bermanfaat, sekian dan terimakasih.